Mengenal AMP Milik Google

Sebagian besar pemasar di dunia, bergantung hidup dengan Google. Siapa saat ini yang tidak penting dengan Google. Dengan berbagai fitur dan layanannya. Search engine, salah satu faktanya. Mengapa ? ya, karena search engine paling populer adalah Google ! jadi penting bagi kita untuk mengikuti perkembangan yang dilakukannya.

AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages. AMP merupakan salah satu trobosan dari Google guna mempercepat kecepatan akses situs website. Tujuan dibuatnya halaman website versi ini adalah memberikan halaman website yang memang sudah dioptimasi agar loading lebih cepat pada mobile. Setidaknya meningkat hingga 2x lipat atau lebih. AMP milik Google, berfungsi meminimalisir data. Hingga 8x jadi lebih kecil dari ukuran mobile page selama ini, bagaimana LUAR BIASA kan. Beberapa website yang menggunakan fitur ini adalah website jenis Portal Berita, Online Shop, Social Media dsb.

Ini membuat teknologi mobile site, atau tema web responsive yang sebelumnya tampak canggih, kedengarannya, menjadi sesuatu hal yang kuno.

Apakah berpengaruh pada SEO ? Manfaat utama AMP adalah kecepatanya. Memang tidak ada pernyataan resmi dari Google dan pihak lain, terkait pengaruh AMP pada SEO. Namun perlu diketahui juga, salah satu faktor yang diperhitungkan dalam SEO adalah kecepatan akses yang memberi pengalaman sempurna pada pengguna.

Jadi, seluruh halaman AMP memang didesain khusus agar bisa dibaca dengan cepat. Gambar tidak akan di load sampai Anda scroll ke bagian gambar. Selain itu halaman website jenis ini juga didesain agar bisa di-cache sehingga Google bisa meng-host halaman-halaman ini, meng-host konten Anda langsung di Google, sehingga mereka tidak perlu mem-fetch konten dari website Anda.

Ini membuat Publisher atau Web Developer mengikuti kecenderungan tersebut. Visual website mampu menyesuaikan teknologi yang digunakan. Ketika pengguna mengakses sebuah situs. Website yang responsive, juga memungkinkan waktu loading ketika menggunakan handphone, tidak mengalami kendala yang berarti. Dimaksudkan agar dapat diakses dengan kecepatan yang baik, serta tampilan visual yang baik pula agar tampilan terlihat lebih mobile friendly. 

Banyak pemasar bergegas untuk mencoba gaya halaman web baru ini. Tetapi sama seperti tren pemasaran lainnya, penting untuk memahami AMP sepenuhnya. Dan, bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis. Pada dasarnya AMP hanya menyederhanakan halaman web sedemikian rupa. Dengan HTML yang diperkecil. Yang mana dapat disimpan dalam cache AMP Google. Ini memungkinkan pengguna, untuk mengaksesnya, hampir secara instan di smartphone dan perangkat seluler lainnya.

Beberapa keuntungan jika kita menggunakan AMP pada website kita adalah waktu loading yang lebih cepat, berkurangnya penggunaan data bagi pengunjung, peningkatan visibilitas yang tinggi dalam pencarian, meningkatkan rating SEO. Bagaimana, tertarik mempelajari AMP ?.

Sekian artikel kali ini, Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Mengenal AMP Milik Google"

Leave a comment

Your email address will not be published.